MENGANALISIS MASALAH-MASALAH MORAL MAHASISWA SAAT INI



Sering kita mendengar kata atau istilah mahasiswa, yang terdiri dari dua suku kata yakni ”MAHA dan SISWA”. Kata MAHA dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mempunyai arti sangat, amat/teramat besar sedangkan kata SISWA mempunyai arti murid. Jadi secara keseluruhan kata mahasiswa berarti siswa yang mempunyai intelektual yang sangat atau amat besar. Sering juga kita mendengar kata ”MORAL”.  Apakah itu ?? Moral adalah nilai-nilai dan norma-norma yang menjadi pegangan bagi seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur tingkah lakunya.

          Di era globalisasi saat ini semua kemajuan terjadi namun  jika kita menyalah gunakan kemajuan tersebut akibatnya akan membawa kita kepada sesuatu yang dinamakan krisis, seperti salah satunya ialah krisis moral. Kemerosotan moral juga banyak dipengaruhi oleh kondisi sosial-budaya dalam masyarakat sekitarnya. Lingkungan sosial yang buruk adalah bentuk dari kurangnya pranata sosial dalam mengendalikan perubahan sosial yang negatif. Seperti yang kita ketahui sebagian besar mahasiswa adalah anak kost dan jauh dari orang tua. Sebagian besar kost yang ada, menawarkan kebebasan meski pun penjaganya ada. Oleh sebab itulah, mahasiswa bebas melakukan apa saja. Seperti memakai obat-obatan, free sex, tawuran dan sebagainya.
Faktor lain yang mempengaruhi penyimpangan moral adalah

  •         Media Internet
  •     Media Televisi / Massa
  •      Lingkungan Pergaulan Yang Buruk
  •         Pendidikan Agama Yang Rendah
  •         Kondisi Keluarga dan Pola Asuh Orang Tua

           
            Karena akibat dari kondisi tersebut, terjadi pergeseran tingkah laku atau moral mahasiswa dari menuntut ilmu menjadi menikmati hidup dengan bebas dan duniawi.

Solusi : 
Mahasiswa harus memiliki keimanan yang teguh sebagai pegangan hidup dalam berperilaku yang positif.  Mahasiswa harus mampu memilah milah mana yang benar dan yang tidak agar tidak mudah terpengaruh dengan budaya-budaya luar yang masuk akibat golablisasi. Berteman boleh dengan siapa saja tapi harus juga berhati-hati. Karena kebiasaan yang buruk dapat mempengaruhi anda jika tidak berhati - hati.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN STANDAR AUDIT SISTEM INFORMASI

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI HARDISK DAN PRINTER

LANGKAH-LANGKAH PADA AUDITING IT GOVERNANCE