DESAIN GRAFIS DAN ANIMASI
Pengertian desain grafis menurut para ahli :
- Menurut Suyanto, “Aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri”.
- Jessica Helfand, “Kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-eleman ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversif atau sesuatu yang mudah diingat”.
Unsur-unsur dalam membuat desain :
- Garis tidak memiliki kedalaman (dept), tapi memiliki ketebalan dan panjang. Selain itu memiliki variasi yang beragam seperti garis lurus yang terkesan formal, lengkung yaitu lembut, zig-zag artinya dinamis dan tidak beraturan atau fleksibel.
- Bidang atau Shape adalah segala bentuk apapun yang memiliki dimensi tinggi dan lebar. Bidang dapat berupa bentuk geometris seperti, lingkaran, segitiga, segiempat, dll. Bidang geometris memiliki kesan formal.
- Tekstur merupakan nilai halus atau kasarnya sebuah permukaan benda dalam desain grafis yang penggunaan teksturnya diberi visual lebih berkarakter. Selain itu dapat mengatur keseimbangan dan kontras dalam sebuah desain komunikasi visual.
- Ruang adalah jarak dari satu bentuk dengan bentuk lainnya. Tujuan menghadirkan ruang dalam sebuah desain grafis adalah untuk menciptakan efek yang nyata.
- Ukuran digunakan untuk menampilkan bentuk yang ditonjolkan atau dipublikasikan. Semakin besar sebuah bentuk, maka kesan yang akan terlihat pun akan semakin dalam, demikian pula sebaliknya.
- Warna adalah elemen visual penarik perhatian paling utama. Bila penggunaan warna salah, maka kualitas, citra pun akan salah. Contoh adalah warna yang lembut akan memancarkan kesan romantis dan tenang.
Macam-macam software desain grafis :
- Adobe Indesign adalah jenis software desain grafis yang berada dalam perangkat lunak destop publishing atau biasa dikenal dengan nama DTP. Adobe Indesign diproduksi oleh Adobe sistem yang bisa anda gunakan untuk membuat poster, brosur, majalah atau buku. Aplikasi ini banyak digunakan masyarakat luas untuk melakukan suatu desain dalam kehidupan sehari-hari.
- Adobe Page Maker adalah perangkat lunak aplikasi pengolah data yang digunakan untuk mendesain layout buku, cover majalah atau makalah. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mendesain koran dan biasa digunakan untuk keperluan undangan, kartu nama, kartu ucapan dan kop surat.
- Adobe Frame Maker adalah perangkat lunak yang menggunakan tampilan XML untuk native penulis konten tekstur. Berpaduan dengan PDF yang memiliki konten out-off-the-box integrasi CMS. Aplikasi ini memiliki sistem pempublikasian dengan menggunakan saluran, format dan layanan HTML5 yang menggunakan penerbit server 10 atau Adobe teknis komunikasi Site 4. Aplikasi ini biasa menyimpan data dalam bentuk PDF, HTML, WEbhelp dan Adobe Air.
- Macromedia Freehand adalah jenis aplikasi software desain grafis yang digunakan untuk melakukan editing gambar berbasis vector. Software ini bisa digunakan oleh para designer untuk melakukan editing logo baik kelompok ataupun perusahaann. Namun software ini juga bisa digunakan untuk melakukan editing pada brosur, kartu nama, undangan dan beberapa kebutuhan lain.
- Adobe Photoshop adalah software desain grafis yang secara khusus dirancang untuk memanipulasi objek atau gambar yang akan digunakan dalam suatu kepentingan. Aplikasi software desain grafis ini biasa digunakan oleh para photographer untuk mengedit hasil foto agar terlihat lebih hidup dan nyata. Adobe Photoshop adalah produk terbaik yang pernah dikeluarkan oleh Adobe Systems. Anda dapat membuat desain poster, spanduk, logo, dan kebutuhan lainnya dengan Adobe Photoshop.
- Photo shine adalah jenis aplikasi foto software desain grafis yang biasa digunakan untuk mengabungkan beberapa foto dalam satu frame. Dalam aplikasi ini berbagai macam bingkai juga ditawarkan agar anda bisa memilih bingkai yang anda suka. File penyimpanan foto biasa menggunakan JPG agar gambar mudah disimpan dan dibuka dalam kondisi apapun. Ada beberapa referensi printer cetak foto yang handal untuk Anda gunakan di era sekarang ini.
- Photo Scape sama hal nya dengan PhotoShine dan PhotoCollage, Photo Scape adalah Software Desain Grafis yang mendukung anda melakukan editing 2 foto atau lebih. Photo Scape memiliki fitur seperti viewer, efek gambar (sephia, black and white), emoji, tambahan tulisan dan masih bayak fiture yang ada dalam aplikasi Phote Scape. Ada pula fitur untuk membuat animasi gerak dengan menggabungkan minimal 2 layer gambar untuk berganti dengan hitungan detik.
- Picture Manager, meskipun manager namun kemampuan yang dimiliki tidak hanya untuk mengolah gambar. Secara khusus fitu ini memiliki nama lengkap Microsoft Office Picture Manager merupakan software desain grafis yang memiliki instalasi Microsoft Office didalamnya. Fitur yang ada di dalamnya juga beraneka ragam seperti brightness dan contrast, re-color, menghilangkan efek red-eye pada Photo, hingga resize compressing mengubah ukuran Photo.
Pengertian animasi menurut para ahli :
- Menurut Agus Suheri pengertian animasi adalah kumpulan dari gambar yang sudah diolah sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan gerakan.
- Menurut Ibiz Fernandes pengertian animasi adalah sebuah proses merekam dan memainkan kembali serankaian gambar statis untuk mendapatkan sebuah ilusi pergerakan.
Kategori pada animasi :
- Animasi tradisional biasanya dikenal dengan animasi cell atau animasi yang dihasilkan dengan tangan yaitu setiao proses menggunakan tangan. Animasi tradisional merupakan proses yang digunakan untuk film-film animasi yang paling lama yaitu pada abad ke-20. Contoh film ciri animasi tradisional seperti Pinocchio, Akira.
- Stop Motion Animation atau yang dikenal juga dengan claymation merupakan teknik dalam membuat animasi yang ditemukan oleh Blakton pada sekitar tahun 1906. Teknik ini menggunakan clay atau tanah liat sebagai objeknya. Teknik animasi clay sering digunakan untuk mendapatkan suatu visual efek pada film di tahun 1950-1960 an.
- Animasi 2D kita kenal dengan kartun (cartoon), yaitu kumpulan gambar-gambar lucu dalam film animasi untuk menghibur penonton. Beberapa contoh film kartun misalnya; Donal Bebek, Tom & Jerry, dan lain-lain.
- Teknologi berperan besar bagi kemajuan animasi, khususnya teknologi komputer. Animasi 3D adalah pengembangan dari animasi 2D dimana objek dalam animasi menjadi terlihat lebih hidup.
- Animasi kombinasi adalah gabungan dari teknik animasi yang berbeda. Animasi kombinasi dibedakan menjadi 3 yaitu:
- Kombinasi animasi 2D & 3D : penggabungan teknik animasi 2D dan 3D. Contohnya seperti film The Road to Eldorado, Titan A.E.
- 2D and Live Shot : penggabungan teknik animasi 2D dengan Live Shot (Syuting Ade-gan). Contohnya seperti pada film Space Jam, Osmosis Jones.
- 3D and Live Shot : penggabungan teknik animasi 3D dengan Live Shot (Syuting Ade-gan).Contohnya seperti pada film Jurasic Park, Titanic, Lord of the Ring, Harry Potter, Stuart Little, Scooby Doo.
12 prinsip animasi :
Squash & Stretch merupakan gerakan fleksibel
seperti benda yang dihempaskan dan kemudian diregangkan. Gerakan seperti ini
bisa kita temui sebagai contohnya pada bola yang memantul, dimana bola tersebut
mempunyai gerakan squash ( menghempas ) sewaktu menyentuh tanah dan kemudian
meregang sebelum bola tersebut kembali memantul ke atas. Gerakan seperti ini
bisa memberikan kesan kelenturan yang membuat animasi menjadi lebih alami serta
enak dilihat.
Gerakan squash & stretch bisa diterapkan dimana saja
dalam membuat suatu animasi. Mulai dari gerakan tubuh, benda mati bahkan bisa
juga diterapkan untuk animasi text.
Anticipation adalah gerakan yang dilakukan sebagai
ancang-ancang untuk mempersiapkan diri memasuki gerakan yang berikutnya.
Contohnya : ancang-ancang yang dilakukan sebelum seseorang meloncat atau
berlari.
Staging adalah tahap pengaturan suatu set adegan, posisi
kamera atau pose suatu karakter sehingga adegan tersebut menjadi mudah di
mengerti oleh penonton. Staging yang baik akan dapat dengan jelas
mengkomunikasikan pada penonton mengenai cerita yang ingin disampaikan dari
adegan tertentu.
Pada contoh gambar staging pose karakter yang ada di atas,
karakter sebelah kiri mempunyai staging pose yang lebih baik dibandingkan
staging pose sebelah kanan karena mempunyai siluet karakter yang lebih mudah di
pahami dan dibaca.
Straight
ahead action merupakan pendekatan menciptakan
gerakan secara berkesinambungan mulai dari awal tanpa banyak perencanaan akan
menjadi seperti apa akhir gerakannya nanti. Gerakan – gerakan yang diciptakan
bisa merupakan ide yang spontan serta kreatif dan muncul seiring dengan proses
pembuatan gerakan yang dilakukan secara berkesinambungan.
Follow through & Overlapping action merupakan gerakan
susulan pada si karakter atau benda yang terjadi setelah berhentinya karakter
atau benda tersebut. Contohnya seperti gerakan pendulum dibawah ini.
Pendulum bergerak dari kiri ke kanan dan kemudian setelah
pendulum tersebut berhenti, ayunan ekor pendulum tersebut masih tetap mengayun
sampai akhirnya benar-benar berhenti. Contoh lainnya ialah sewaktu kita
berhenti berjalan dan tangan kita berhenti mengayun, biasanya akan ada gerakan
berlebih sedikit sebelum tangan kita benar-benar berhenti.
Slow in dan slow out merupakan gerakan perlambatan yang
terjadi pada awal dan akhir suatu animasi. Gerakan perlambatan ini memberikan
variasi pada suatu gerakan animasi ketimbang tidak ada perlambatan sama sekali.
Animasi yang tidak mempunyai perlambatan di awal dan akhir
animasinya akan terkesan sangat kaku.
Seperti pada contoh diatas. Bola yang pertama menggambarkan
gerakan animasi yang tidak mempunyai perlambatan di awal dan akhir. Bola
pertama tersebut mempunyai gerakan yang lebih kaku dibanding gerakan bola kedua
yang mempunyai perlambatan di awal dan di akhir.
Arcs merupakan kurva melingkar yang terdapat pada suatu
gerakan ketimbang hanya dengan memakai gerakan lurus saja.
Arc memungkinkan gerakan animasi kita terlihat lebih natural
ketimbang bila kita tidak menggunakan arc karena pada dasarnya gerakan yang
terjadi di dunia nyata sehari-hari kita sangat jarang terjadi pada satu garis
lurus.
Secondary action merupakan gerakan tambahan yang terjadi
untuk melengkapi gerakan utama yang ada. Gerakan secondary action hanya
bersifat melengkapi dan tidak mengambil alih performa dari gerakan utama.
Sebagai contoh : Gerakan tangan kiri kebawah setelah pose
utama memegang kepala seperti yang terdapat pada karakter di bawah ini.
Secondary action bila digunakan dengan tepat, akan dapat menambah kedalaman
pada karakteristik karakter kita.
Timing ditentukan dari jumlah frame in between yang ada di
antara gerakan suatu benda atau karakter. Semakin cepat sedikit jumlah frame
maka gerakan menjadi semakin cepat, sebaliknya semakin banyak jumlah frame yang
ada maka gerakan menjadi lebih lambat. Gerakan dengan timing yang cepat dan
lambat masing-masing akan memberikan cerita yang berbeda.
Contoh pada gambar di bawah ini, jumlah frame yang sedikit
memberikan kesan kalau kotak ini lebih ringan dari yang kelihatannya.
Exaggeration merupakan gerakan atau ekspresi yang dilebihkan
dari yang biasanya untuk mendapatkan kesan animasi yang lebih meyakinkan.
Seperti pada contoh gambar dibawah ini, dimana karakter sebelah kanan mempunyai
gerakan memukul yang di lebihkan sehingga lebih terlihat meyakinkan daripada
karakter di sebelah kiri.
Pada animasi tradisional, Solid drawing berarti gambar yang
mempunyai kedalaman perspektif. Contoh pada gambar di bawah ini, gambar sebelah
kanan bisa dikatakan lebih mempunyai kedalaman perspektif karena posisi mata
serta mulut yang mengikuti bentuk bundar dari kepala dibandingkan bila tidak
mempunyai perspektif seperti pada gambar di sebelah kanan.
Pada animasi 3D , solid drawing berarti memberikan
keseimbangan pada pose dengan tujuan untuk mencari pose siluet yang terbaik (
terlihat lebih mempunyai berat dan volume ) seperti pada pose karakter di
sebelah kanan dan menghindari terjadinya twinning seperti yang terdapat pada
karakter sebelah kiri, dimana pose bagian kiri & kanan dari karakter
terlihat sama persis dan tidak mempunyai variasi balance nya.
Appeal merupakan penampakan dari sebuah karakter yang
terlihat mempunyai karisma tersendiri dan menarik untuk dilihat.
Macam-macam software animasi :
2D
- Adobe Flash : Adobe Flash merupakan software terbaik untuk membuat gambar bergerak 2D. Software animasi Flash memiliki banyak fitur-fitur beserta tutorial yang dapat dengan mudah ditemua di Youtube maupun situs resmi Adobe. Tutorial juga beragam dari yang dasar penggunaan sampai tingkat tersulit.
- Anime Studio : Nah ini untuk kalian semua yang pecinta anime atau kartun Jepang, Software Anime Studio inilah yang membuat gambar-gambar animasi cantik yang kalian kagumi. Anime Studio ini memang dirancang untuk menggambar dan membuat video anime.
- Synfig Studio : Synfig Studio adalah software animasi 2D yang user friendly, jadi untuk yang baru pertama kali menggunakan software ini bisa dipastikan akan sangat mudah mengoperasikannya tanpa perlu buku panduan atau video tutorial.
3D
- Blender : Blender
adalah salah satu software animasi 3D gratis yang support multi platform, baik
pengguna Windows, Linux maupun Mac OSX dapat menggunakan software animasi
Blender. Blender juga menyediakan soruce code, artinya software ini bebas dikembangkan
oleh siapa saja dan untuk kepentingan apa saja.
- 3D Studio Max : 3D
Studio Max adalah sebuah perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi,
ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai
Discreet and Kinetix. Perangkat lunak ini dikembangkan dari pendahulunya 3D
Studio fo DOS, tetapi untuk platform Win32.
- Macromedia Director : Macromedia
Director adalah sebuah program yang dirancang khusus untuk membuat
self-contained atau program yang dapat berjalan sendiri. Aplikasi ini dapat
dijadikan sebagai media presentasi maupun sebagai Media Interaktif untuk
Membuat CD Interaktif. Director ini juga dapat digunakan untuk menciptakan
konten halaman web dalam bentuk Shockwave.
- Adobe After Effect : Adobe
After Effects CS4 efek visual yang sangat baik dan perangkat lunak animasi
menarik. Bekerja dengan peralatan canggih dan integrasi yang erat dengan
aplikasi desain terkemuka saat Anda memberikan bekerja untuk hampir semua jenis
media. Membuat dari awal atau memulai proyek dari ratusan preset disesuaikan
dan template, semua dari dalam streamline antarmuka.
https://flashcomindonesia.com/hal-yang-perlu-diperhatikan-pada-desain-grafis.html
https://idseducation.com/articles/ilmu-desain-grafis-menurut-para-pakar/
https://solusiprinting.com/macam-macam-software-desain-grafis-dan-fungsinya/
https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/pengertian-animasi.html
http://www.dapoeranimasi.com/12-prinsip-animasi/
https://flashcomindonesia.com/apa-saja-software-membuat-animasi.html
NANDA OCTAVIA
15116311
3KA03
Komentar
Posting Komentar