KELEBIHAN DAN KEKURANGAN STANDAR AUDIT SISTEM INFORMASI

COBIT

Kelebihan :

1.   Rahasia.
2.     Proteksi terhadap informasi yang sensitif dari akses yang tidak bertanggung jawab.
3.     Integritas.
4.     Berhubungan dengan penyediaan informasi yang sesuai untuk manajemen.
5.     Secara umum dapat dikatakan bahwa cobit merupakan sebuah model tata kelola TI yang memberikan sebuah arahan yang lengkap mulai dari sistem mutu, perencanaan, manajemen proyek, keamanan, pengembangan dan pengelolaan layanan. Arahan dari cobit kemudian didetailkan kembali oleh beberapa model framework sesuai dengan perkembangan keilmuan.

Kekurangan :

1.     Hanya memberikan panduan kendali dan tidak memberikan panduan implementasi operasional.
2.     Hanya berfokus pada kendali dan pengukuran.

ITIL (Information Technology Infrastructure Library) 


Kelebihan :


1.     Memberi deskripsi rinci sejumlah praktik penting TI dan menyediakan daftar komprehensif tugas dan prosedur yang didalamnya setiap organisasi dapat menyesuaikan dengan kebutuhannya sendiri.
2.     Bukan merupakan standard yang memberikan prescription tetapi lebih kepada merekomendasikan, oleh karena itu implementasi antara satu organisasi dengan organisasi lain dapat dipastikan terdapat perbedaan. Dengan demikian kita tidak bisa membandingkan / melakukan benchmark secara pasti.

Kekurangan :

1.     Buku-buku sulit terjangkau bagi pengguna non komersial.
2.   Bersifat holistic yang mencakup semua kerangka kerja untuk tata kelola TI, pelaksanaan pedoman dalam buku memerlukan pelatihan khusus dan biaya pelatihan atau sertifikasi terlalu tinggi.

ISO/IEC 38500


​Kelebihan :


1.     Memberikan panduan kepada advisor perusahaan.
2.     ​Menjamin akuntabilitas diberikan untuk semua Resiko IT dan aktivitasnya.
3.     Memberikan prinsip panduan bagi direksi organisasi (termasuk pemilik, anggota dewan, direktur, mitra, eksekutif senior, atau yang sejenisnya) mengenai penggunaan Teknologi Informasi (TI) yang efektif, efisien, dan dapat diterima di dalam organisasi mereka.
4.     Menetapkan matriks yang sesuai yang melampaui kepatuhan terhadap standar minimum kantong individu praktik terbaik dengan menerapkan perbaikan tata kelola yang berkelanjutan dan perbaikan manajemen keamanan.

Kekurangan :

1.     Tidak cocok digunakan sebagai IT management framework.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI HARDISK DAN PRINTER

LANGKAH-LANGKAH PADA AUDITING IT GOVERNANCE